Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Keputihan dan Cara MengatasinyaJika Vagina terasa gatal hingga mengeluarkan lendir dengan warna putih dan baunya kurang sedap maka sebaiknya berhati-hatilah karena kmeungkinan organ vagina Anda mengalami keputihan. Karena vagina adalah salah satu organ wanita yang rentan dengan serangan penyakit. Akibat pola hidup yang tidak sehat, selain itu perubahan dari aktivitas dan juga karena stress bisa mengakibatkan vagina mengalami keputihan. Keputihan adalah salah satu infeksi yang disertai dengan munculnya rasa gatal didalam vagina dan juga didaerah sekitar vagina bagian luar, dan selain itu jga disertai dengan keluarnya cairan putih agak kekuningan atau juga putih kelabu. Penyebab dari keputihan biasanya disebabkan akibat jamur, bakteri, virus, dan juga parasit. Walaupun keputihan mempunyai banyak jenisnya, namun hal ini bisa menjadi suatu hal yang berbahay terlebih jika kuman menyerang organ serviks. Dan pencegahan dini yang dapat dilakukan sebagia solusi awal agar bisa membantu mengatasi masalah keputihan.

Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Penyebab keputihan dan cara mengatasinya adalah :

  1. Salah menggunakan pembalut
    Penyebab keputihan dan cara mengatasinya adalah akibat salah menggunakan pembalut. Disaat sedang menstruasi, maka wanita biasanya menggunakan pembalut. Karena pembalut adalah salah satu cara sederhana yang biasanya sering digunakan oleh wanita yang mengalami menstruasi supaya bisa menyerap darah agar tidak keluar kemana-mana. Dan tahukah Anda bahwa kesalahan dalam pemilihan pembalut justru bisa memicu keputihan. Sebaiknya pilihlah jenis pembalut yang menggunakan bantlan berkualitas, dan mengandung bahan herbal didalamnya, yang terpenting adalah dengan mengganti pembalut 4 jam sekali dalam sehari.
  2. Kurangnya kebersihan vagina
    Penyebab keputihan dan cara mengatasinya yang kedua adalah akibat kurang terjaganya kesehatan organ vagina. Cara mengatasinya adalah dengan menjaga kelembapan vagina sebagia langkah awal untuk membantu mencegah masalah keputihan. Dan tingkat keasaman yang baik untuk vagina adalah sekitar 3,5. Perubahan dari warna dan bau yang kurang sedap akibat tingkat keasaman yang sangat tinggi dan jika hal ini dibiarkan, maka kemungkinan munculnya rasa nyeri di organ kewanitaan. Supaya membantu untuk menjaga kelembapan vagina, maka sangat disarankan sekali untuk tidak membersihkan vagina dengan menggunakan douching atau obat semprot air. Hal ini akan menyebabkan keseimbangan pH didalam vagina menjadi terganggu. Penggunaan dari douches justru akan meningkatkan terjadinya resiko iritasi.
  3. Cara membersihkan vagina yang salah
    Penyebab keputihan dan cara mengatasinya yang selanjutnya adalah akibat dari kesalahan membersihkan organ vagina. Bersihkanlah vagina Anda dengan menggunakan cara yang teratur, dan disaat sedang membersihkan vagina, maka sebaiknya usahakan dimulai dari arah depan ke belakang dari arah vulva ke anus. Tujuannya adalah supaya menghindari kuman yaang menempel di anus dan juga vagina.

Dibawah ini adalah cara mengatasi penyebab keputihan dengan bahan alami adalah :

  1. Daun sirih
    Daun sirih adalah salah satu ramuan alami dengan kandungan minyak terbang, kandungan kavinol yang mempunyai kegunaan untuk mematikan kuman, selain itu kandungan sumber antioksidan dan anti jamur didalamnya. Oleh sebab itulah tidak heran jika sudah sejak lama daun sirih digunakan untuk membantu mengatasi masalah keputihan. Dan caranya adalah ambillah 10 lembar daun sirih, kemudian direbus dengan 2 liter air ke dalam panci dan setelah itu dinginkan air rebusan tadi dan dibasuh langsung ke daerah organ kewanitaan.
  2. Mengonsumsi bawang putih
    Bawang putih selain terkenal dalam membantu menyedapkan makanan, namun ternyata fungsinya juga sangat baik dalam membantu mengatasi keputihan. Penyebab keputihan dan cara mengatasinya dapat diatasi dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus yang bisa memungkinkan mereka dalam membantu menghambat perkembangan dari bakteri, jamur, serta virus. Menurut penelitian yang dilakukan menunjukan jika bawang putih memberikan kekuatan sebagai antibakteri.
  3. Menghindari stress, melakukan olahraga dan menerapkan pola makan yang seimbang
    Sebaiknya hindarilah diri Anda dari stress dan melakukan olahraga yang seimbang, sebagai slusi alami untuk membantu Anda mengatasi keputihan. Paling tidak lakukanlah olahraga 1 kali dalam seminggu atau 2 kali secara teratur. Mengonsumsi makanan yang sehat diantaranya seperti minum susu atau juga yoghurt karena kandungan alami yang ada didalam susu adalah bateri baik yang bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri candida didalam vagina.
  4. Jauhi makanan manis dan lemak jenuh
    Salah satu penyebab dari terjadinya keputihan adalah akibat dari berat badan yang berlebihan dan juga karena postur tubuh yang tidak ideal, maka untuk membantu mengatasinya adalah pilihlah jenis makanan yang mengandung lemak tidak jenuh didalamnya, tidak manis, dan tidak menyebabkan tubuh Anda terasa panas. Makanan-makanan ini justru akan membuat kondisi Anda semakin buruk. Dan bisa berdampak dengan terjadinya keputihan. Bahkan Anda sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur supaya tubuh Anda sehat dan sistem daya imun bisa semakin meningkat. Jika sistem imun meningkat, maka jamur juga tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Itulah informasi mengenai penyebab keputihan dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya


=====================================

>>> Obat Keputihan Herbal dan Alami Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in penyebab keputihan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *